Rabu, 06 April 2016

on Leave a Comment

Memilih IDE ( Lingkungan Pengembangan Terintegrasi )

Lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) adalah lingkungan pemrograman yang sudah dikemas sebagai program aplikasi, biasanya terdiri dari editor kode, sebuah compiler , debugger, dan antarmuka pengguna grafis ( GUI ) builder. IDE mungkin aplikasi mandiri atau dapat dimasukkan sebagai bagian dari satu atau lebih aplikasi yang ada dan kompatibel. Bahasa pemrograman BASIC , misalnya, dapat digunakan dalam aplikasi Microsoft Office, yang memungkinkan untuk menulis sebuah program WordBasic dalam aplikasi Microsoft Word. IDE menyediakan kerangka kerja yang user-friendly untuk banyak bahasa pemrograman modern, seperti Delphi, Visual Basic , Java , dan PowerBuilder .


Biasanya programmer akan memilih IDE sesuai bahasa pemrograman yang dikuasainya. Ada juga yang mencukupkan diri menggunakan Text Editor. Dalam pembuatan aplikasi yang komplek seperti aplikasi GUI , IDE akan membantu mempercepat penyelesaian. 

1. RAD Studio Delphi

Bahasa Pemrograman : Delphi / Object Pascal 


Delphi, bagian dari RAD Studio , termasuk editor kode dengan Kode Insight ( code completion ), Kesalahan Insight (real-time error-checking), dan fitur lainnya; refactoring ; sebuah bentuk desainer visual untuk kedua VCL (asli Windows) dan FMX (cross-platform, sebagian pribumi per platform); debugger terintegrasi untuk semua platform termasuk ponsel; kontrol sumber ( SVN , git , dan Mercurial ); dan dukungan untuk plugin  pihak ketiga . Delphi memiliki dukungan database yang kuat. Delphi adalah sangat cepat untuk mengkompilasi:  tidak seperti bahasa umum lainnya, termasuk C # dan Swift, tidak biasa untuk sebuah proyek Delphi dari satu juta baris untuk mengkompilasi dalam beberapa detik - salah satu patokan memberi 170.000 baris per detik.  Hal ini di bawah pengembangan aktif, dengan (pada tahun 2016) rilis setiap enam bulan, dengan platform baru yang ditambahkan kira-kira setiap rilis kedua.


2. Microsoft Visual Studio

Bahasa Pemrograman : Visual Basic, C#, C++

Microsoft Visual Studio merupakan lingkungan pengembangan terpadu (IDE) dari Microsoft . Hal ini digunakan untuk mengembangkan program komputer untuk Microsoft Windows ,  situs web , aplikasi web dan layanan web . Visual Studio menggunakan platform pengembangan perangkat lunak Microsoft seperti Windows API , Windows Forms , Windows Presentation Foundation , Windows Store dan Microsoft Silverlight . Hal ini dapat menghasilkan dengan baik kode native dan kode dikelola .

Visual Studio mencakup kode editor mendukung IntelliSense (yang penyelesaian kode komponen) serta kode refactoring .
Debugger terpadu bekerja baik sebagai debugger sumber-tingkat dan debugger mesin-tingkat. Built-in alat lainnya termasuk desainer bentuk untuk membangun GUI aplikasi, web designer , kelas desainer, dan skema database desainer. Ia menerima plug-in yang meningkatkan fungsionalitas pada hampir setiap tingkat-termasuk menambahkan dukungan untuk kontrol-sumber sistem (seperti Subversion ) dan menambahkan toolsets baru seperti editor dan desainer visual untuk bahasa domain-spesifik atau toolsets untuk aspek-aspek lain dari siklus pengembangan perangkat lunak (seperti Team Foundation Server klien: Tim Explorer). 



3. Eclipse

Bahasa Pemorgraman : Java

Eclipse adalah sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE). Ini berisi dasar kerja dan extensible plug-in sistem untuk menyesuaikan lingkungan. Eclipse ditulis terutama di Java dan penggunaan utamanya adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di lain bahasa pemrograman melalui penggunaan plugin, including: Ada , ABAP , C , C++ , COBOL , Fortran , Haskell , JavaScript , Julia , Lasso , Lua , NATURAL , Perl , PHP , Prolog , Python , R , Ruby (including Ruby on Rails framework), Rust , Scala , Clojure , Groovy , Skema , dan Erlang . Hal ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan paket untuk perangkat lunak Mathematica . Pembangunan lingkungan termasuk alat-alat pengembangan Eclipse Java (JDT) untuk Java dan Scala, Eclipse CDT untuk C / C ++ dan Eclipse PDT untuk PHP, antara lain.





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.