Rabu, 13 April 2016

on Leave a Comment

Morfik : Framework Web berbasis Object Pascal

Selama ini saya lebih banyak menggeluti pemrograman desktop. Sempat juga mempelajari PHP dan ASP .Net tetapi tidak berlanjut karena pemrograman dektop lebih mudah dan lebih visual oriented ( WYSYWYG ). Saya paling malas menulis kode yang HTML dan CSS hanya untuk menampilkan sebuah bentuk visual.

Kebutuhan untuk pemrograman web saat akan membuat sebuah aplikasi Monitoring Pembayaran Pajak  yang bersifat Client Server agar mudah diakses oleh beberapa orang sekaligus. Sebenarnya Delphi bisa digunakan untuk membuat aplikasi web yaitu dengan fitur Intraweb yang menyediakan VCL untuk Web sehingga memprogram Web semudah memprogram Desktop. Tapi karena tidak menguasainya dan kurangnya tutorial akhirnya tidak saya gunakan.

Kemudian saya menemukan sebuah framework yang bagus dan mudah digunakan yaitu Morfik ( http://morfik.com ). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa semantik mirip Pascal, Basic dan C#. Artinya saya bisa menggunakan dengan mudah karena tidak perlu memulai dari awal. Morfik menggabungkan kemudahan menggambar dan memprogram, tidak ada HTML dan CSS secara default.

** Form Designer **

Morfik boleh dikatakan "Microsoft Access untuk web". Ia menyediakan Table, Query, Form, Report dan Method. Database default yang digunakan adalah Firebird. Database Server seperti MySQL/MariaDB, Oracle dan SQLServer dapat digunakan melalui koneksi ODBC dan Zeos

 ** Report Designer **

Beberapa aplikasi yang pernah saya buat dengan Morfik ini adalah Simonalisa (monitoring pembayaran pajak), AntriMas (tanda terima SPT Tahunan) dan Simarkas (manajemen berkas). 

Aplikasi morfik bebentuk file exe yang dijalankan sekaligus menjalankan layanan (Web Server). Anda tidak perlu memasang Apache,IIS atau Tomcat untuk menjalankan aplikasi web yang dibuat dengan morfik. Cukup menjalankan file EXE-nya saja. aplikasi sudah bisa diakses oleh client dalam satu jaringan kantor.

 ** Simonalisa **

Tidak semua database server bisa dikoneksikan dengan Morfik melalui ODBC tanpa banyak masalah. Dari pengalaman penggunaan hanya SQL Server,MySQL dan Oracle yang paling  bagus.

Morfik menyediakan fitur pemrograman Visual seperti Delphi dan Visual Studio dengan kontrol/komponen standar yang sudah mencukupi untuk mendesain web

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.