Kamis, 07 April 2016

on Leave a Comment

"Mirip" Delphi dan Gratisan (I)

Anda ingin mempelajari dan membuat aplikasi dengan  bahasa pemrograman Delphi / Object Pascal ? Anda tidak ingin menggunakan IDE yang berbayar seperti Embarcadero RAD Studio. Gunakan Lazarus 




Lazarus merupakan salah satu bahasa pemrogaman yang mirip sekali dengan delphi namun mempunyai perbedaan yaitu  lisensinya gratis.Tak hanya tampilannya saja yang mirip, syntax code, event, menu juga sangat mirip dengan delphi. Lazarus dapat di download di http://www.lazarus.freepascal.org/ dengan bermacam-macam versi untuk berbagai OS yaitu Linux, MacOS, BSD dan Windows.


Lazarus adalah IDE cross-platform visual yang gratis untuk pengembangan aplikasi secara cepat (RAD) menggunakan Free Pascal compiler, yang mendukung dialek Object Pascal , untuk berbagai derajat. Pengembang perangkat lunak menggunakan Lazarus untuk membuat kode asli konsol dan antarmuka pengguna grafisLazarus adalah cross-platform visual yang bebas lingkungan terpadu pengembangan (IDE) untuk pengembangan aplikasi cepat (RAD) menggunakan Free Pascal compiler, yang mendukung dialek Object Pascal , untuk berbagai derajat. Pengembang perangkat lunak menggunakan Lazarus untuk membuat aplikasi  konsol dan  aplikasi GUI untuk desktop, dan juga untuk perangkat mobile, aplikasi web, layanan web , komponen visual dan fungsi perpustakaan (.so, .dll, dll, untuk menggunakan oleh program lain). Free Pascal compiler mendukung sejumlah platform yang berbeda, seperti Mac, Linux dan Windows.


Lazarus mewarisi tiga fitur dari penggunaan dari Free Pascal compiler: mengkompilasi kecepatan, kecepatan eksekusi, dan cross-kompilasi . Manfaat compiler Free Pascal dari struktur bahasa Pascal dan kemajuan yang stabil dari Pascal desain compiler (mencakup beberapa dekade) untuk mengkompilasi aplikasi besar dengan cepat, sering dalam hitungan detik. Ketika kompilasi program referensi metrik kinerja, Lazarus menghasilkan program yang menunjukkan dekat atau kinerja yang sama jika dibandingkan dengan program yang sama yang ditulis dalam C.


Sebuah aplikasi yang pengembang buat menggunakan Lazarus pada satu platform berpotensi dapat mengkompilasi dan mengeksekusi pada platform yang compiler Free Pascal ada. Peringatan biasa dari keterbatasan platform target berlaku; Namun, untuk aplikasi desktop satu sumber dapat menargetkan Mac, Linux, dan Windows, biasanya tanpa modifikasi (atau sangat sedikit modifikasi). Contoh aplikasi adalah IDE Lazarus yang itu sendiri diciptakan dengan menggunakan Lazarus IDE dari basis kode tunggal dan tersedia pada semua platform utama dan juga berjalan pada Raspberry PI .

Download di http://www.lazarus-ide.org/


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.